1. Kepatuhan Kebersihan Tangan
Analisa Data :
Berdasarkan grafik diatas dapat diketahui bahwa, angka kepatuhan hand hygiene pada petugas dari bulan Januari – Juni tahun 2023 masih fluktuatif. Hal ini terjadi karena masih ada petugas yang belum patuh dalam 5 moment hand hygiene saat dilakukan audit kebersihan tangan.
Rencana Tindak Lanjut :
- Lakukan briefing saat overan tentang pentingnya hand hygiene.
- Lakukan edukasi kepada petugas untuk melakukan hand hygiene sesuai dengan tata cara hand hygiene yang benar.
- Bekerjasama dengan IPCLN untuk memotivasi petugas dalam melakukan hand hygiene.
2. Kepatuhan Identifikasi Pasien
Analisa Data :
Berdasarkan grafik di atas dapat diketahui bahwa angka kepatuhan identifikasi pasien sudah sesuai standar yang ditetapkan, hal ini dikarenakan semakin meningkatnya kepatuhan para pemberi asuhan terhadap standar keamanan dan keselamatan pasien dalam memberikan asuhan.
Rencana Tindak Lanjut :
Pertahankan pencapaian sesuai standar yang sudah ditetapkan.
3. Pelaporan Hasil Kritis Laboratorium
Analisa Data :
Berdasarkan grafik di atas dapat diketahui bahwa angka capaian waktu lapor hasil tes kritis laboratorium pada Januari – Juni tahun 2023 sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan, hal ini dikarenakan kedisiplinan ATLM terkait waktu lapor hasil tes kritis.
Rencana Tindak Lanjut :
Pertahankan kedisiplinan ATLM agar setiap mendapatkan hasil nilai kritis segera melaporkannya ke dokter yang memberi order pemeriksaan tersebut.
4. Kepatuhan Penggunaan Formularium Nasional
Analisa Data :
Berdasarkan grafik di atas dapat diketahui bahwa angka capaian kepatuhan penggunaan formularium nasional sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan, hal ini dikarenakan meningkatnya kepatuhan dokter dalam meresepkan obat sesuai dengan formularium yang telah ditetapkan.
Rencana Tindak Lanjut :
Sosialisasi ke dokter tentang tata laksana formularium Nasional.
5. Kepatuhan Terhadap Alur Klinis (clinical pathway)
Analisa Data :
Berdasarkan grafik diatas dapat diketahui bahwa angka kepatuhan PPA terhadap clinical pathway sudah tercapai menyangkut 3 indikator yang ditetapkan sebagai parameter audit klinik masing-masing clinical pathway sebelumnya. Evaluasi kepatuhan PPA terhadap clinical pathway dilakukan per 3 bulan. Dari hasil evaluasi didapatkan kepatuhan PPA berada diatas standar yang sudah ditetapkan.
Rencana Tindak Lanjut :
- Sosialisasi ulang berkelanjutan mengenai CP untuk meningkatkan komitmen PPA dalam mengikuti standar yang ada.
- Sosialisasi ulang berkelanjutan mengenai PPK untuk meningkatkan komitmen DPJP dalam mengikuti standar yang ada.
- Evaluasi PPK dan CP untuk mengikuti dan menyesuaikan dengan keilmuan terbaru
6. Kepatuhan Upaya Pencegahan Risiko Pasien Jatuh
Analisa Data :
Berdasarkan grafik diatas dapat disimpulkan bahwa kepatuhan upaya pencegahan resiko pasien jatuh pada pasien rawat inap sudah mencapai standar yang ditetapkan. Hal ini dikarenakan meningkatnya kepatuhan para pemberi asuhan terhadap standar keamanan dan keselamatan pasien dalam memberikan asuhan.
Rencana Tindak Lanjut :
Pertahankan kepatuhan petugas dalam menjalankan upaya pencegahan risiko pasien jatuh di rawat inap sesuai standar yang telah ditetapkan dengan terus berpedoman pada SPO dan fokus pada tindakan pencegahan resiko jatuh.
7. Kecepatan Waktu Tanggap Komplain
Analisa Data :
Berdasarkan grafik diatas dapat diketahui bahwa,angka capaian kecepatan respon terhadap komplain sudah mencapai standar yang sudah ditetapkan. Hal ini dikarenakan setiap komplain tertulis, whatsapp, sms dan melalui link bit.ly/ranapsph maupun bit.ly/rajalsph sudah dilakukan penyelesaian komplain oleh tim Customer & External Relations (CER).
Rencana Tindak Lanjut :
Koordinasi dengan unit-unit terkait agar komplain tidak terulang kembali dengan :
- Memberikan informasi yang jelas dan lengkap kepada pasien.
- Komunikasi tetap lebih baik lagi
- Service excellent tetap dijalankan
- Harus ada evaluasi dari unit terkait agar komplain tidak terjadi lagi
- Bekerja sesuai dengan SPO
8. Kepuasan pasien
Analisa Data :
Berdasarkan grafik diatas dapat diketahui bahwa pelaporan kepuasan pasien yang dilakukan setiap 6 bulan/semester sesuai dengan survei kepuasan masyarakat berdasarkan PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
Rencana Tindak Lanjut :
- Meningkatkan service excellent setiap unit
- Melakukan koordinasi dengan petugas di lapangan untuk mengingatkan pasien dalam pengisian kartu saran
- Menyebarkan kuesioner- kuesioner ke SDM perusahaan- perusahaan yang bekerjasama dengan SPH yang dibantu oleh unit marketing
- Mengadakan kunjungan ke rawat inap dan rawat jalan minimal 2 x dalam seminggu oleh tim CER