Kenali Tanda Awal Autisme pada Balita

Bagi orangtua baru atau ibu yang sedang mengandung, autisme menjadi gangguan tumbuh kembang yang dikhawatirkan. Apalagi, saat ini jumlah anak yang mengalaminya terus meningkat.

Meski para ilmuwan belum mengetahui cara mencegah autisme, tetapi deteksi dini dengan mengenali tanda-tandanya bisa sangat membantu. Bahkan, terapi yang diberikan sejak dini bisa memberi kemajuan signifikan pada tumbuh kembang anak.

Menurut para ahli dari Autism Speaks, kelompok advokasi untuk orangtua, ada beberapa tanda yang perlu diperhatikan pada anak balita mereka.

Tanda yang perlu diwaspadai adalah gangguan gejala sosial.
– Tidak tertarik dengan anak lain.
– Tidak berminat menunjukkan mainannya pada orangtua.
– Tidak menunjukkan ekspresi wajah seperti tersenyum.
– Tidak ada tanda-tanda mulai mengoceh di usia 12 bulan atau bicara di usia 16 bulan.
– Tidak merespon jika dipanggil namanya.
– Tidak menunjuk atau merespon pada sesuatu yang ditunjukkan.

Walau kemajuan perkembangan setiap anak berbeda-beda, tetapi terapi yang diberikan sejak dini bisa meningkatkan kemampuan belajar, komunikasi, dan sosial pada anak dengan gangguan autisme. Konsultasikan masa pertumbuhan dan perkembangan Anak dengan dokter spesialis anak untuk mendapatkan solusi dari permasalahan kesehatan anak, agar anak dapat tumbuh sehat sesuai dengan apa yag kita harapkan. Poli anak Semen Padang Hospital buka setiap hari senin – sabtu jam 09.00-21.00 wib dengan 4 dokter spesialis dan subspesialis anak diantaranya :

1. dr. Fita Asfianti, Sp.A

2. dr. Eva Chundrayeti, Sp.A (K)

3. dr. Amirah Zatil Izzah, Sp.A

4. dr. Yusri Diane Jurnalis, Sp.A (K)

Informasi lebih lanjut hubungi call center SPH (0751) 777888 & (0751) 4782999. Selain Poli anak, Semen Padang Hospital telah memiliki Rawat inap Anak, Fisioterapi Anak, Baby Spa dan Okupasi Terapi.

 

 

sumber : kompas.com