• We Can I Can, World Cancer Day 2016

    We Can I Can, World Cancer Day 2016

    Hari Kanker Sedunia diperingati setiap 4 Februari. Tahun ini, peringatan mengambil tema “Kita Bisa, Aku Bisa.”

    Peringatan Hari Kanker Sedunia diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat seputar bahaya kanker, serta mendorong pemerintah untuk terus melakukan inovasi terkait pengobatan untuk menekan angka penderita penyakit ini.

    Berdasarkan penelitian, 30 persen kematian yang diakibatkan oleh kanker sebenarnya dapat dicegah melalui diet sehat dan menghindari penggunaan produk non-tembakau.

    Beberapa kanker juga bisa disembuhkan jika terdeteksi sejak dini. Contohnya, kanker payudara, serviks, dan kolorektal. Kita harus berbuat lebih banyak untuk mengakhiri penderitaan para pengidap kanker. Sekitar sepertiga dari kanker dapat dicegah. Sementara, yang lain dapat disembuhkan jika didiagnosis dan diobati sejak dini.

    Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 8,2 juta orang meninggal pada 2012 akibat kanker.
    Obesitas menjadi salah satu faktor yang memicu kanker. Data menunjukkan, hampir 30 persen kematian akibat kanker disebabkan indeks massa tubuh tinggi, rendahnya asupan buah dan sayur, kurang aktivitas fisik, serta penggunaan tembakau dan alkohol. Sementara, penggunaan tembakau merupakan faktor risiko terbesar penyebab kanker. Kematian akibat kanker paru-paru di seluruh dunia menyumbang angka sebanyak 71 persen.

    Bagikan
    Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someone
    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Gallery

Bagikan
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someone