MASALAH SENDI, MENGGANGU IBADAH RAMADHAN

Saat Ramadan, umat muslim banyak menajalankan serangkaian prosesi ibadah, selain berpuasa.

Salat tarawih dan berbagai salat sunah lainnya dianjurkan dikerjakan karena balasan pahala yang menggiurkan.
Nah, saat mengejar pahala dari Allah SWT ini tak jarang diantara kita merasakan kendala kesehatan.

Sakit persendiran misalkan, kerap dirasakan sejumlah orang, terutama mereka yang sudah lanjut usia. Penyebab sakit persendian biasanya karena tambahan beban pada sendi.
\penyebab sakit persendian biasanya karena tambahan beban pada sendi., penyebab sakit persendian biasanya karena tambahan beban pada sendi.
Bagi lansia dan mereka yang menderita artritis, tekanan sendi itu menyebabkan sakit, kaku otot, pembengkakan, dan ketidaknyamanan lainnya.

Untuk mengatasinya, kurangilah berat badan sehingga beban persendian Anda berkurang.
Latihlah kaki Anda sebelum Ramadan sehingga kuat untuk mendapatkan beban tambahan, di saat salat Tarawih.
Karena untuk menghindari agar tidak terjadi sakit persendian bagi lansia, saat melaksanakan salat Tarawih, alangkah baiknya mengetahui beberapa penyebab sakit persendian:
1. Kerusakan tulang rawan.
2. Pendarahan pada ruang sendi karena robekan ligamen.
3. Radang sendi karena asam urat, infeksi virus.
4. Patah tulang atau dislokasi sendi (sendinya lepas dari tempurungnya).

Agar tidak terjadi sakit persendian saat melaksanakan ibadah salat Tarawih, sebaiknya lakukan hal-hal sebagai berikut:
1. Istirahat cukup.
2. Kompres air hangat pada persendian yang sakit.
3. Kurangi aktivitas yang berlebihan.
4. Bila tidak tahan berdiri lama, sebaiknya salat Tarawih dengan duduk.
5. Periksakan juga kesehatan tulang dan sendi anda.

Periksakanlah secara rutin kesehatan Anda ke Semen Padang Hospital telah memiliki layanan Orthopedi yang berkonsentrasi pada penanganan dan pencegahan dari penyakit, gangguan dan kondisi dari sistem kerangka serta otot, penyakit atau kerusakan (termasuk trauma) tulang dan sendi. Dengan 2 dokter spesialis bedah tulang, SPH juga sudah dapat melakukan tindakan operasi modren canggih arthroplasty, dan arthroskopi yang sangat membantu mendeteksi keluhan anda. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di no.telepon (0751) 777888 dan (0751) 4782999.

(Sumber : Tribun Ramadhan)

Radang Sendi Bisa Serang Usia Muda

Secara umum, risiko artritis (radang sendi) memang meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Namun saat ini penyakit radang sendi juga sering didapati pada usia 20-40 tahun. Ini merupakan periode seseorang untuk membangun karier dan memiliki anak, sehingga produktivitas amatlah penting. Artritis juga lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan laki-laki, pada seluruh kelompok ras dan etnis.

Jenis Artritis yang paling sering dialami adalah Osteoarthritis (OA)
OA adalah jenis radang sendi degeneratif. Beberapa faktor pemicunya antara lain usia lanjut, riwayat cedera, dan gaya hidup. OA sering didapati pada sendi yang menahan beban secara terus-menerus, seperti lutut, pinggul, jari, dan tulang belakang bagian bawah.Individu berusia muda sering kali menghiraukan gejala artritis dan terlambat untuk didiagnosis. Penyakit artritis – terutama pada usia muda – dapat menyebabkan kecacatan dan penurunan kualitas hidup, sehingga evaluasi medis amat penting untuk dilakukan sejak dini.

Orthopedi merupakan layanan unggulan yang hadir dan siap memenuhi kebutuhan anda akan pelayanan komprehensif dan berkulitas masalah orthopedi (bedah tulang) telah dikembangkan di SPH dg fasilitas penanganan OA secara menyeluruh dan terpadu dg teknik Arthoplasty. Tindakan ini langsung dilakukan oleh dokter Spesialis Bedah tulang yang bertujuan mengganti rawan sendi yang rusak dengan permukaan sendi buatan atau artificial. Sehingga nyeri pada sendi tadi dapat teratasi dengan baik.