• Olah raga Setelah Bekerja juga Penting!

    Olah raga Setelah Bekerja juga Penting!

    Sibuk di kantor bukan alasan untuk tidak berolahraga sama sekali. Kuncinya, Anda harus lebih kreatif mencari jenis olahraga yang sesuai. Usai bekerja merupakan waktu yang baik untuk berolahraga, terutama bagi Anda dengan jadwal yang sibuk. Sekalipun tidak mudah, gaya hidup aktif dan sehat harus tetap dipelihara. Hanya dengan menjaga kesehatan diri sendiri, Anda akan tetap produktif dalam pekerjaan dan dalam hidup berkeluarga.
     
    Jenis olahraga apa pun bermanfaat bagi kesehatan. Namun, bagi Anda yang sibuk atau sering bertugas di luar kota, pilihlah yang dapat dilakukan hampir di semua tempat. Umumnya, jenis olahraga ini tidak membutuhkan banyak persiapan serta memberikan manfaat fisik yang signifikan dalam waktu singkat.
     
    Berikut ini beberapa jenis olahraga yang disarankan usai bekerja :
     
    1. Berlari
     
    Berlari selama 30 menit, baik di atas treadmill atau outdoor, merupakan salah satu jenis olahraga yang paling sederhana dan dapat dilakukan di mana saja. Berlari dapat melepaskan stres setelah bekerja sepanjang hari, mencegah penuaan, meningkatkan kepadatan tulang, dan membantu menurunkan berat badan.
     
    2. Berjalan cepat
     
    Berjalan cepat merupakan olahraga yang ideal bila Anda tidak kuat berlari. Jenis olahraga ini juga lebih disarankan bila Anda memiliki berat badan berlebih, sedang hamil, atau menderita nyeri kronik sehingga tidak dapat melakukan latihan yang lebih berat.
     
    3. High-intensity interval training (HIIT)
     
    HIIT merupakan jenis olahraga terbaik bagi Anda yang memiliki target kebugaran tertentu. Jenis olahraga ini membakar banyak kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh Anda dalam waktu lama.
     
    HIIT menggabungkan dua metode pembakaran lemak yang paling efektif. Metode pertama ialah high-intensity training, yang mendorong tubuh mencapai kelelahan otot dan menggunakan oksigen semaksimal mungkin. Metode kedua ialah interval training, di mana latihan intensitas berat diselang-seling dengan latihan intensitas ringan-sedang.
     
    Pilihlah sebuah aktivitas misalnya berlari atau bersepeda. Lakukan aktivitas dengan kecepatan setinggi mungkin selama 10-20 detik, diikuti aktivitas yang melambat selama 40-50 detik. Ulangi sebanyak 10-15 siklus serta jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan selama 5-10 menit.
     
    4. Strength training
     
    Jenis olahraga ini dapat menggunakan dumbbell atau body weight exercises seperti push-ups, squatting, dan pull-ups. Pilihlah 5-10 gerakan dan lakukan secara berturut-turut tanpa jeda. Ulangi 8-10 kali untuk setiap gerakan. Naik atau turunkan intensitas gerakan sesuai kemampuan Anda.
     
    Berolahraga usai bekerja bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Yang terpenting, Anda harus realistis dan memilih jenis olahraga yang sesuai dengan gaya hidup, karakter, dan selera Anda. Jangan takut untuk mencoba berbagai jenis olahraga hingga ditemukan yang paling cocok.
     
    Ingat, sedikit olahraga tetap lebih baik daripada tidak sama sekali. Selamat mencoba!
    sumber : klikdokter.com
    Bagikan
    Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someone
    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Gallery

Bagikan
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someone