• Manfaat Medengarkan Musik untuk Kesehatan

    Manfaat Medengarkan Musik untuk Kesehatan

    Sulit dipungkiri, musik membawa kita ke jaman lampau, membuat kita menari atau masuk ke suasana rilek di pagi, siang ataupun malam hari. Musik secara positif mempengaruhi hidup kita.

    Di bawah ini adalah sejumlah manfaat mendengarkan musik yang sudah dibuktikan lewat penelitian :

    1. Meredakan kecemasan
    Penelitian sudah membuktikan mendengarkan musik secara psikologis dapat meredakan stres dan bahkan mengurangi gejala depresi. Peneliti dari Inggris bahkan mengklaim lagu-lagu tertentu dapat mengurangi kecemasan hingga 65 persen. Mendengarkan musik saja sudah menjadi obat bagi diri kita.

    2. Memberikan suasana hati baik
    Musik gembira membuat kita merasa seolah berjalan di hari yang cerah. Riset membuktikan musik dapat mendongkrak suasana hati dan membuat kita jadi lebih bahagia.

    3. Membantu penyembuhan
    Sebuah studi dari 2014 menemukan, ketika seseorang mendengarkan lagu melankolis mereka mengalami lebih banyak empati karena mereka terhubung dengan kesedihan dalam musik itu tetapi tak mengalami “implikasi di dunia nyata” dari kejadian sedih. Hal ini menjadikan katarsis bagi pendengarnya.

    4. Motivator selama olahraga
    Musik bersemangat merupakan kunci saat angkat beban. Riset membuktikan musik dapat mendongkrak semangat saat olahraga. Musik juga membuat kita lari lebih kencang dan lebih kuat.

    5. Tidur lebih nyenyak
    Studi dari 2008 menemukan mendengarkan musik klasik membantu meringankan gejala insomnia pada mahasiswa. Riset lain juga menemukan musik dapat membuat kita berada dalam keadaan meditatif.

    6. Meningkatkan performa
    Dengarkan musik saat bekerja. Riset membuktikan musik latar dapat meningkatkan performa kognitif pada tugas seperti ujian akademis. Riset juga menemukan musik bersemangat dapat membantu kita bekerja dengan baik meskipun di bawah tekanan.

    7. Setia dengan Anda
    Para ahli percaya otak kita tetap dekat dengan musik dari masa muda karena kita mendengarkannya ketika masih membangun diri sendiri, koneksi sosial dan dunia di sekitar. Dengan cara sendiri, musik memberi informasi identitas diri Anda.

    Sumber : Health.Kompas

    Bagikan
    Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someone
    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Gallery

Bagikan
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someone