Fisioterapi

FISIOTERAPI

Fisioterapi merupakan ilmu yang menitikberatkan untuk menstabilkan atau memperbaiki gangguan fungsi alat gerak/fungsi tubuh yang terganggu yang kemudian diikuti dengan proses/metode terapi gerak.

  • Fisioterapi Umum

Fisioterapi umum dapat dilakukan untuk kasus-kasus :

  1. Orthopedic
  2. Muskuloskeletal
  3. Sport Injury
  4. Pediatric
  5. Neurological
  6. Kardiovaskular dan pulmonal
  7. Geriatri
  • Fisioterapi Olahraga

Fisioterapi olahraga adalah layanan fisioterapi unggulan karena hanya SPH yang memiliki layanan fisioterapi olahraga di Sumatera Barat. Fisioterapi olahraga sangat penting karena dapat :

  1. Mempercepat proses pemulihan dan mencegah cedera berulang.
  2. Membantu penyusunan program latihan.
  3. Mengembangkan performa olahraga sesuai dengan kapasitas kemampuan fungsional fisik.

Fisioterapis SPH juga mampu melakukan pemasangan kinesiotape pada anggota tubuh yang mengalami cedera berdasarkan kinesiologi, anatomi, fisiologi dan mekanika tubuh. Dengan menggunakan kinesiotape, tubuh dapat menyembuhkan dirinya sendiri karena diaktifkan dengan dukungan yang tepat.

  • Fisioterapi Anak

Fisioterapi anak merupakan pengembangan layanan fisioterapi SPH. Fisioterapi anak adalah salah satu tim kesehatan yang menangani adanya keterlambatan, gangguan dan kelainan pada alat dan fungsi gerak pada anak-anak dari lahir sampai remaja. Seperti, fisioterapi untuk bayi lahir dengan risiko tinggi, anak dengan cerebral palsy, spina bifida, gangguan pernapasan, anak dengan gangguan orthopedik, cedera olah raga, dan anak dengan retardasi mental. Peran fisioterapi disini mengembangkan seoptimal mungkin kemampuan gerak anak. Bila kecacatannya berat, pentingnya memelihara kelenturan otot-otot yang sudah ada.  Ini untuk mencegah terjadinya kecacatan yang lain, seperti kaku sendi, spasme otot dan lain-lain. Untuk meningkatkan tonus otot, memperbaiki pola-pola yang tidak benar, meningkatkan kualitas gerakan atau pola gerakan spontan, serta edukasi kepada orang tua.

  • Baby Spa

Baby Spa adalah layanan terbaru SPH yang beroperasi sejak November 2016. Baby Spa atau solusi per Aqua baby adalah bentuk perawatan tubuh yang menggunakan air sebagai media utamanya dan relatif aman untuk digunakan bayi yang beusia 3 sampai 12 bulan. Manfaat baby spa :

  1. Menambah nafsu makan
  2. Melancarkan peredaran darah bayi
  3. Meningkatkan kualitas daya tanggap bayi
  4. Meningkatkan kualitas tidur bayi
  5. Meningkatkan ikatan batin dan komunikasi
  6. Pijatan lembut yang membuat rileks
  7. Memperbaiki sistem pernafasan bayi
  8. Menurunkan kadar hormogen adrenalin
  9. Membuat bayi aktif bergerak
  10. Mempercepat pertumbuhan tulang
  • Okupasi Terapi

Okupasi Terapi adalah terapi yang menggunakan aktivitas kehidupan sehari-hari sebagai media terapinya (misal : latihan repetitif meremas bola untuk menambah kekuatan dan massa otot, latihan memindahkan cone untuk menambah luas Lingkup Gerak Sendi). Bukan hanya secara fisik dan mental pasien yang diterapi, Okupasi Terapi juga menganalisis lingkungan (arsitektur dan letak furnitur rumah, lingkungan sosial, lingkungan kerja, dll) apakah berbahaya dan rentan menyebabkan kecelakaan : lantai kamar mandi licin mengakibatkan saat mandi pasien bisa terjatuh sehingga akan dimodifikasi agar lebih aman terhadap pasien. Okupasi Terapi juga mengedukasi tentang langkah promotif, preventif, rehabilitatif, dan sebagainya kepada pasien dan keluarga, serta masyarakat.

Okupasi Terapi  memungkinkan individu untuk berperan serta dalam aktivitas keseharian. Dalam memberikan pelayanan kepada individu, Okupasi Terapi memerhatikan aset (kemampuan/potensi) dan limitasi (keterbatasan/"kecacatan") yang dimiliki individu, dengan memberikan aktivitas yang purposefull (bertujuan), meaningfull (bermakna), dan disenangi, misal hobi agar pasien merasa senang dan nyaman selama melakukan terapi. Diharapkan individu tersebut dapat mencapai kemandirian dalam aktivitas produktivitas/pekerjaan atau pendidikan (seperti bekerja), kemampuan perawatan diri/selfcare (seperti : menyikat gigi, mandi, BAB/ BAK, dll) dan kemampuan penggunaan waktu luang/ leisure (melakukan hobi seperti berkebun, menjahit, menyulam, dll).

  • Terapi Wicara

Terapi wicara adalah terapi untuk membantu seseorang menguasai komunikasi bicara dengan lebih baik. Terapi ini biasa diberikan kepada :

  1. Anak-anak yang mengalami keterlambatan bicara (speech delay). Ini merupakan salah satu hambatan tumbuh kembang yang paling umum dialami anak, di mana seorang anak masih belum mencapai kemampuan bicara yang semestinya sudah dikuasai pada usia tertentu.
  2. Anak-anak yang baru selesai menjalani operasi celah bibir (cleft lip/bibir sumbing) dan celah langit-langit (cleft palate).
  3. Anak-anak dengan hambatan tumbuh kembang khusus (autisma, down syndrome, tuna rungu, cerebral palsy)
  4. Anak-anak yang mengalami gangguan bicara lainnya : gagap (stuttering), cadel, dll
  5. Terapi wicara juga dapat dilakukan pada pasien post stroke.