• Kenali Penyebab Nyeri Lutut Saat Naik Turun Tangga

    Kenali Penyebab Nyeri Lutut Saat Naik Turun Tangga

    Naik turun tangga adalah aktivitas sehari- hari yang kerap dilakukan banyak orang. Sayangnya, beberapa orang mengeluhkan nyeri di lutut saat melakukannya. Meskipun radang sendi sering dituding sebagai biang keroknya, sebenarnya ada hal lain yang bisa menjadi penyebabnya.

    Pada saat naik tangga, beban lutut Anda naik hingga tiga kali lipat. Sedangkan turun tangga akan membuat beban lutut naik hampir empat kali berat badan Anda. Kekuatan otot disekitar lutut seperti paha juga penting untuk menyokong lutut Anda dalam beraktivitas.

    Beberapa hal yang dapat menyebabkan nyeri lutut saat naik turun tangga:

    - Penyakit radang sendi lutut

    Osteoarthritis adalah peyakit radang sendi lutut yang dapat menyebabkan nyeri saat Anda naik turun tangga. Ini merupakan penyakit kronik dan sering dialami oleh para lansia.

    Pada osteoarthritis, tulang rawan dari tulang paha menipis karena proses peradangan. Seiring semakin parahnya peradangan, ruang sendi lutut akhirnya menyempit, dan timbul tonjolan- tonjolan tulang. Sehingga pada saat beraktivitas, nyeri lutut dapat dirasakan terutama saat naik- turun tangga ketika beban lutut lebih besar.

    - Chondromalacia patella

    Penyakit lutut ini disebabkan adanya kerusakan pada tulang rawan dari lutut. Gejala utama dari penyakit ini adalah meningkatnya rasa nyeri ketika sedang turun tangga. Nyeri juga dapat dirasakan ketika naik tangga walaupun lebih jarang.

    - Penggunaan lutut berlebihan

    Olahraga seperti berlari, melompat, dan bersepeda dapat merusak lutut Anda. Kegiatan olahraga tersebut memberikan beban yang berlebihan terhadap lutut. Olahraga yang berlebihan dalam jangka panjang dapat menyebabkan nyeri lutut terutama saat Anda naik-turun tangga. Apalagi bila Anda juga memiliki masalah berat badan berlebih.

    - Flat feet

    Flat feet/ kaki datar adalah jenis kaki ini tidak memiliki lengkungan di bagian dalam telapak kaki. Pada flat feet, seluruh telapak kaki akan menyentuh lantai ketika berdiri.

    Hal ini tidak normal dan dapat menyebabkan bagian tubuh lain seperti lutut dan otot-otot sekitar lutut untuk menyokong beban tubuh. Sehingga, Anda juga dapat merasakan nyeri lutut jika Anda memiliki kaki datar.

    Aktivitas dan berat badan berlebih dapat menyebabkan nyeri lutut pada lansia dan usia muda. Oleh karena itu, jaga kesehatan lutut supaya terhindar dari nyeri saat naik dan turun tangga. Jika nyeri sudah sangat mengganggu aktifitas Anda, Konsultasikan bersama dokter bedah orthopedi semen padang hospital, dokter akan memberikan treatment untuk mengurangi keluhan anda.

     

     

     

     

     

    sumber : Klikdokter

    Bagikan
    Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someone
    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Gallery

Bagikan
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someone