• Kenali Gejala Kanker Pada Diri Sendiri

    Kenali Gejala Kanker Pada Diri Sendiri

    Kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan menghantui banyak orang. Sayangnya, tak jarang orang mengabaikan gejala-gejala kanker hingga akhirnya terlambat untuk memulai pengobatan.

    Berikut ini ialah 10 gejala yang dapat mengindikasikan adanya kanker dan perlu Anda waspadai, Tidak semua gejala di bawah ini serta-merta menunjukkan bahwa Anda menderita kanker. Akan tetapi, jika gejala-gejala yang Anda alami terasa tidak normal, di saat itu Anda perlu meluangkan waktu untuk memeriksakan diri ke dokter. Diantaranya adalah :

    1. Berat badan turun tanpa sebab

    Berat badan turun beberapa kilogram tanpa usaha mungkin menjadi mimpi bagi banyak orang. Akan tetapi, penurunan berat badan tanpa sebab bukan hal yang baik. Menurut American Cancer Society (ACS), penurunan berat badan tanpa sebab dapat menjadi petunjuk adanya kanker pada perut, kerongkongan, pankreas atau paru-paru.

    2. Demam berkepanjangan

    Demam dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi. Akan tetapi demam yang terjadi secara berkelanjutan dapat menjadi pertanda adanya kanker non-hodgkin lymphomaatau kanker yang bermula dari salah satu sel kekebalan tubuh bernama lymphocytes. Demam perlu diwaspadai sebagai indikasi adanya kanker jika terjadi lebih dari tiga hari dengan suhu tubuh sekitar 39,44 derajat Celcius (103 derajat Fahrenheit) atau lebih.

    3. Serak dan batuk mengganggu

    Alergi dan berteriak terlalu banyak dapat menyebabkan seseorang menjadi serak. Selain itu, batuk pun dapat mengganggu di banyak kesempatan. Akan tetapi, serak dan batuk yang tak kunjung sembuh dapat menjadi pertanda kurang baik dan perlu untuk segera diperiksakan ke dokter.

    4. Perubahan kulit

    Tahi lalat yang berubah pada kulit patut diwaspadai karena bisa jadi lingkaran hitam pada kulit tersebut bukan tahi lalat melainkan melanoma, kanker kulit yang mematikan. Gejala kanker kulit juga perlu diwaspadai ketika terjadi perubahan pada pigmen kulit, bintik (freckles) hingga kutil.

    5. Perubahan frekuensi buang air

    Anda patut waspada jika Anda yang semula lancar dalam buang air besar atau kecil tiba-tiba terhambat. Perubahan kebiasaan buang air besar dan kecil ini dapat menjadi pertanda adanya kanker pada usus besar atau pada rektum.

    6. Rasa sakit yang tak hilang

    Rasa sakit yang tak kunjung hilang meski telah mendapat berbagai perawatan perlu diperiksa secara medis. Rasa sakit ini termasuk rasa sakit pada kepala, punggung serta rasa sakit lain yang mungkin sulit dijelaskan. Sakit kepala yang tak kunjung hilang dapat menjadi pertanda adanya tumor otak.

    7. Merasa kelelahan

    Rasa lelah yang timbul meski tubuh telah mendapatkan istirahat yang cukup juga perlu diwaspadai dan diperiksakan ke dokter. Rasa lelah yang terus menerus juga dapat menjadi pertanda adanya leukimia dan kanker pada usus atau perut.

    8. Benjolan

    Benjolan pada payudara perlu segera untuk diperiksakan, baik pada wanita atau pun pria. Benjolan di beberapa bagian lain seperti pada testis dan kelenjar getah bening juga perlu mendapatkan pemeriksaan lebih jauh.

    9. Mudah kenyang

    Jika dengan porsi makan yang sama Anda mulai merasa cepat kenyang, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter. Gejala ini mungkin menunjukkan adanya penyakit ulkus peptikum yang dapat diobati, tetapi juga dapat menunjukkan adanya kanker pankreas.

    10. Sulit menelan

    Kesulitan menelan bisa terjadi ketika tenggorokan sedang sakit atau seseorang sedang menderita batuk yang cukup parah. Akan tetapi, kesulitan menelan yang berkelanjutan patut untuk diwaspadai dan diperiksakan ke dokter.

    Kenali gejalanya, jangan sampai anda mengabaikan gejala ini, bisa saja hal-hal diatas sudah anda alami namun anda belum menyadarinya. Periksakanlah kedokter atau kunjungi pusat pelayanan kesehatan terdekat. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

    Bagikan
    Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someone
    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Gallery

Bagikan
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someone