• Cara Menstimulasi Pertumbuhan Gigi si Kecil

    Cara Menstimulasi Pertumbuhan Gigi si Kecil

    Tahukah Anda, ternyata gigi si Kecil sudah dapat distimulasi sejak dalam kandungan?

    Pembentukan gigi susu telah dimulai saat janin berkembang di antara minggu ke-6 dan ke-8. Sementara itu, perkembangan benih gigi dimulai saat janin berusia 20 minggu. Jadi saat si Kecil lahir, benih gigi susu telah terbentuk di dalam gusi.

    Jauh sebelum gigi tumbuh di rongga mulut, terjadi proses peletakan mineral-mineral penyusun gigi. Pembentukan lapisan-lapisan gigi ini sangat dipengaruhi oleh nutrisi, yang berasal dari sang Bunda.

    Makanan yang mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin K, serta mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor sangat penting bagi pertumbuhan gigi. Terutama vitamin K2 yang mengarahkan kalsium ke tempat ia seharusnya berada.

    Kuning telur ayam, daging merah, salmon, minyak kelapa, dan sayur-sayuran berwarna adalah beberapa makanan yang kaya akan vitamin K2. Semuanya baik untuk dikonsumsi oleh ibu mengandung.

    Umumnya, gigi susu yang pertama kali muncul di rongga mulut adalah gigi seri bawah yang tumbuh saat si Kecil berusia 6 bulan. Akan tetapi, waktu tumbuh gigi tidak sama antara anak yang satu dan lainnya. Ada faktor-faktor yang memengaruhi tumbuh kembang gigi, salah satunya nutrisi dan pola makan si Kecil.

    Oleh sebab itu, keseimbangan gizi tak cukup untuk membuat gigi si Kecil tumbuh baik. Bunda juga perlu memperhatikan tekstur dan jenis makanannya. Tentu tak lupa untuk menyesuaikannya dengan fase pertumbuhan si Kecil.

    Selain itu, mengajarkan si Kecil mengunyah makanan berarti membantunya untuk tidak memiliki kebiasaan mengemut makanan. Kebiasaan ini dapat memperbesar risiko terjadinya karies gigi.

    Sumber : klikdokter

    Bagikan
    Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someone
    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Gallery

Bagikan
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInEmail this to someone