Pelatihan ATLS (Advanced Trauma Life Support) di SPH

Hari ini Semen Padang Hospital mengadakan pelatihan ATLS (Advanced Trauma Life Support). Pelatihan ini diikuti oleh 32 dokter umum yang dimulai sejak hari ini 27 November 2015 s/d 29 November 2015.

ATLS (Advanced Trauma Life Support) adalah salah satu nama pelatihan atau kursus tentang penanganan terhadap pasien korban kecelakaan. Pelatihan ini semacam review praktis yang bertujuan agar peserta (khusus dokter) dapat melakukan diagnose secara tepat dan akurat terhadap pasien trauma, dapat mengerjakan pertolongan secara benar dan sistematis serta mampu menstabilkan pasien untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Sertifikat course ATLS saat ini semakin dicari karena sebagian besar klinik atau rumah sakit dan instansi layanan kesehatan menetapkannya sebagai salah satu syarat untuk mempekerjakan seorang dokter.

 

Pelatihan ATLS ini, pelaksanaannya dimampatkan dalam 3 hari penuh, meliputi;   kuliah interaktif , demontrasi, group diskusi, latihan ketrampilan langsung termasuk menggunakan binatang percobaan,  simulasi dan ujian baik tertulis maupun praktek. Dijarkan lebih dari 10 materi kasus ke-emergency-an namun kesemuanya memiliki prinsip penanganan yang sama. Dimulai sejak pagi, jam 7 sampai selesainya bisa hingga jam 8 malam,. Goal besar penyelenggaraan kursus ini, nantinya para peserta diharapkan dapat berperan menolong para korban kecelakaan agar terhindar  dari kematian atau mengurangi angka kematian akibat trauma.