Bahaya Akibat Sering Gunakan Tusuk Gigi

Banyak orang kerap membersihkan sisa-sisa makanan di gigi setelah makan. Mereka sering melakukan hal itu dengan menggunakan tusuk gigi. Padahal, kebiasaan memakai tusuk gigi tidak baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa bahaya yang terjadi bila acap kali menggunakan tusuk gigi:

1. Mengubah posisi gusi

Selain bisa menyebabkan gigi merenggang, penggunaan tusuk gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan juga dapat menyebabkan kerusakan pada gusi. Sering memakai tusuk gigi bisa mengubah posisi gusi menjadi bergerak turun dari posisi awal. Jika dibiarkan, kebiasaan tersebut akan menyebabkan kerusakan pada akar gigi.

2. Menimbulkan ruang antar gigi

Ruang di antara gigi mungkin terjadi jika sering membersihkan makanan di sela gigi yang itu-itu saja. Lambat laun, ruang di antara gigi yang satu dengan gigi yang lain akan membesar. Makanan yang lebih besar lebih mungkin terselip karena kerapatan gigi berkurang.

3. Memicu abrasi gigi

Sering menggunakan tusuk gigi ternyata dapat memicu abrasi gigi. Abrasi gigi merupakan keadaan abnormal dimana ada lapisan gigi yaitu email atau dentin yang hilang dan terkikis. Alhasil, Anda akan mengalami gigi ngilu saat mengonsumsi minuman dingin. Abrasi yang terus-menerus terjadi juga dapat menyebabkan gigi berlubang atau keropos.

4. Menyebabkan gusi berdarah

Perdarahan pada area gusi juga mungkin terjadi akibat pemakaian tusuk gigi. Pasalnya, ujung tusuk gigi yang tajam bisa menimbulkan luka di gusi yang merupakan jaringan lunak di dalam mulut.

5. Penyakit gusi
Menggunakan tusuk gigi hanya untuk sekali bisa saja, tetapi sering menggunakannya dapat mempengaruhi tidak hanya gigi tetapi juga gusi. Kalau tidak diobati hal ini dapat menyebabkan penyakit gusi parah.

6. Napas bau
Tusuk gigi umumnya digunakan untuk menghilangkan makanan yang terjebak di antara gigi. Jadi, ketika makanan ini berada di sana untuk jangka waktu yang lama dan ketika dibersihkan menggunakan tusuk gigi, hal itu mengeluarkan bau mulut juga.
Karena banyak bahaya yang muncul di balik pemakaian menggunakan tusuk gigi, Anda sebaiknya tidak perlu terlalu kuat dalam membersihkan celah gigi. Atau, Anda justru perlu mengurangi kebiasaan tersebut demi menjaga kesehatan gigi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>