Hindari Menyedot Hidung Bayi saat Bayi Flu

Saat bayi terserang pilek yang paling sering membuat khawatir orangtua adalah sulit bernapas karena hidung bayi tersumbat. Pengeluaran lendir atau ingus dari hidung bayi memang harus selalu dibersihkan.

Memencet hidung bayi dapat membuat ingus atau lendir malah masuk ke rongga sinus yang ada di samping kiri dan kanan hidung. Akibatnya, bayi malah bisa terkena sinusitis.

Orangtua juga tidak disarankan menyedot langsung ingus bayi dengan mulutnya sendiri karena justru bisa mentransfer bakteri ke hidung atau sistem pernapasan anak..

Kenali gejala-gejala awal bayi yang mengalami hidung tersumbat. Seperti bayi kesulitan tidur, rewel, dan terlihat kesulitan bernafas. Kemudian lakukan cara berikut:

1. Hangatkan tubuh bayi
2. Penguapan secara alami dengan memberikan uap dari air panas yang terlebih dahulu ditetesi minyak telon.
3. Pijat lembut hidung bayi
4. Mengatur posisi tidur bayi.
5. Menyedot cairan lendir (ingus) dengan alat khsus penyedot ingus bayi
6. Teteskan NaCl ke hidung bayi
7. Gunakan balsam pelega dan minyak kayu putih di bagian dada bayi, leher dan punggung.
8. Usahakan jauhi obat antibiotik

Coba terapkan gaya hidup sehat dengan memberikan makanan sehat dan bergizi. Bagi bayi yang masih menyusui, berarti bundanya harus konsumsi makanan sehat dan bergizi agar bayinya sehat, bukan fastfood, junkfood dan sejenisnya. Semoga Bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>